rss

GAMBARAN UMUM TEMPLATE

Minggu, 15 November 2009

Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Memilih template yang cantik sangatlah perlu, karena dengan tampilan template yang menarik untuk di lihat maka akan membuat para pengunjung dari blog kita menjadi betah untuk berlama-lama berada di blog kita selain tentunya isi dari blog kita juga sangat menunjang. Oleh karena itu blogger.com menyediakan template untuk mendukung hal tersebut dan template ini bernama Template Minima. Secara umum template minima terdiri dari 3 elemen, yaitu :

1. Elemen Header
2. Elemen Outer, untuk elemen Outer di bagi menjadi :

  • Elemen main, elemen main ini adalah elemen tempat kita menyimpan posting, jadi
    apabila kita memposting sebuah artikel maka akan masuk dan di tampilkan pada
    elemen ini

  • Elemen Sidebar, elemen sidebar ini adalah merupakan elemen untuk menyimpan
    berbagai blog tools ataupun aksesori yang kita inginkan untuk mempercantik blog.

3. Elemen Footer


Jadi, jika ingin mengotak-atik template minima harus memperhatikan kode CSS (cascading style sheets) yang ada dalam 3 elemen ini.
Oleh karena itu ada baiknya sobat blogger belajar mengenai pemrograman CSS terlebih dahulu sehingga akan mudah di mengerti, tapi untuk yang malas belajar pemrograman CSS akan saya permudah seperti ini:

#header {
------------
-------------
-------------
-------------
}


#outer-wrapper {
------------
-------------
-------------
-------------

}



#main-wrapper {
------------
-------------
-------------
-------------

}



#sidebar-wrapper {
------------
-------------
-------------
-------------

}

#footer
{
------------
-------------
-------------
-------------
}





Perhatikan Code CSS yang berwarna merah saja karena yang lainnya adalah definisinya.

Nah sekarang kita lanjut ke cara otak-atik CSSnya biar tampilannya oke punya.



Ganti garis putus-putus dari code CSS diatas dengan definisi dibawah ini

margin:5px;

padding:5px;

border:1px dotted #000000;


font-size:140%;

untuk menentukan besarnya huruf , bisa sobat blogger ubah sesuai selera sobat blogger misalnya sobat blogger ubah menjadi 100% atau 150% dan juga satuanya bisa sobat blogger ganti dengan px (pixels) misalnya 14px.


font-weight:bold;

Untuk menentukan ketebalan huruf, Bold adalah jika sobat blogger ingin hurufnya tebal apabila sobat blogger ingin merubah hurufnya biasa ganti bold dengan normal, dan apabila sobat blogger ingin mengganti hurufnya menjadi miring sobat blogger ganti saja dengan code italic.

text-align:right;

Untuk menempatkan posisi text jika sobat blogger isi dengan right maka text akan berada di kanan dan apabila sobat blogger isikan left text akan berada di kiri dan juga center maka textnya akan berada di tengah.


color:#FFFFFF;

Untuk memberi warna huruf, #FFFFFF adalah code warna untuk warna putih carilah code warna yang sesuai dengan keinginan sobat blogger di http://colorschemer.com/online.

Background:#000000;

untuk memberi warna background. silahkan ganti code warna sesuai keinginan sobat blogger
di http://colorschemer.com/online untuk mencari code warna.


text-transform:uppercase;

uppercase untuk menampilkan hurufnya dengan huruf besar semua meski dalam pengaturan sobat blogger menuliskan huruf kecil. jika sobat blogger ingin mengubah dengan huruf kecil semua ganti dengan lowercase dan jika ingin huruf depanya saja yang besar maka ganti dengan capitalize.

Nah jika di blog sobat blogger pasti CSSnya sudah ada definisinya tinggal mengedit dan menambahi yang kurang-kurang saja.






0 komentar:


Posting Komentar

Jika sobat blogger menyukai artikel ini atau mempunyai pertanyaan ttg artikel diatas, silahkan poskan komentar sobat blogger. Respon kalian sangat berarti untuk blog ini. Cara mem poskan komentar silahkan KLIK disini...

Komentar SPAM di larang masuk!!
:)) x( ~x( x(( :@ :) :x :| :$ :f
:* =( :D :~ :s 8) =(( x) :? :t :o ;;( ;;)

 

Recent Comment