rss

Membuat Style Pengantar Komentar

Rabu, 18 November 2009

Pengantar komentar adalah kata-kata yang dipasang sebelum form komentar. Ngerti maksudnya kan? kalau bingung yang dimaksud pengantar komentar coba lihat form komentar dibawah artikel ini, sebelum kotak dimana sobat blogger bisa membuat komentar, ada kumpulan kata-kata yang memberi petunjuk bagaimana berkomentar, itulah maksudnya.

Semua pasti tahu bagaimana membuat pengantar komentar pada blogspot. Karena memang sudah disediakan dalam dashboard blogger.com dibagian pengaturan. Tinggal mengisinya dan tampillah pengantar komentar yang sudah dimasukkan. Tapi sayangnya fasilitas ini hanya memperbolehkan memasukkan text dan sedikit tag HTML saja sehingga tag style tidak akan bisa diterima.



Perhatikan keterangan dibawah kotak pesan formulir komentar, tag HTML yang diterima terbatas pada bold, italics dan anchor. Jika sobat blogger menambahkan tag tersebut dalam pesan komentar sobat blogger maka style akan mengikuti pengaturan pada area content-wrapper atau main-wrapper. Bagaimana jika kita ingin tampilan yang berbeda? Sebagai contoh coba sobatblogger perhatikan pesan komentar yang ada di blog ateonsoft. Coba juga bagaimana efek pada anchor text-nya (link yang ada di pesan komentar) lain dengan yang ada di content bukan? itu karena pengaturannya memang saya lainkan. Contoh style komentar yg ada di ateonsoft.com:

Terlihat bahwa Pengantar kotak komentar nya dapat di sisipkan gambar, diberi marquee dan link, yang jika tidak diberi style CSS maka hal ini tidak bisa dibuat. Untuk lebih jelasnya silahkan buka ateonsoft.com.


Caranya adalah dengan memaksa style dari CSS dan sedikit mengedit template pada kode XML-nya. Sebenarnya bagi yang memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS bukan suatu yang sulit, tapi bagi yang belum tahu silahkan ikuti petunjuk saya dibawah ini, dan tentunya saya
gunakan style pada blog ini. Jadi kalau kurang sesuai dengan template sobat blogger silahkan saja diedit. Mari kita mulai..


Pada edit template blogger silahkan dicari kode ]]></b:skin> dan kalau sudah
ketemu letakkan kode dibawah ini diatasnya. O iya jangan lupa centang pilihan Expand Widget Templates


/*-- Form Comments style by ateonsoft.com--*/

#pra-comment{clear:both;padding:10px;font:normal 9px
sans-serif;text-align:justify;border:1px solid #EFF0F1;margin:0 10px 5px 0;
line-height: 1.1em;}

#pra-comment a{ font-weight:bold;}

#pra-comment a:hover{letter-spacing:1px; text-decoration:none;}

#pra-comment b{color: #000000;}

#pra-comment em b{Color:#ff0000;}


Kalau sudah silahkan cari barisan kode seperti dibawah ini:

<b:includable id='comment-form' var='post'>

<div class='comment-form'>

<a name='comment-form'/>

<h4 id='comment-post-message'><data:postCommentMsg/></h4>

<p><data:blogCommentMessage/></p>

<data:blogTeamBlogMessage/>

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>

<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize' frameborder='0'
height='275' id='comment-editor' scrolling='no' src='' width='100%'/>

<data:post.iframeColorizer/>

</div>

</b:includable>


Bisa jadi barisan kode pada template sobat blogger tidak sama persis dengan diatas, tapi yang perlu diperhatikan hanya kode berwarna merah saja. Kalau sudah ketemu silahkan kode berwarna merah diganti dengan kode dibawah ini:


<div id='pra-comment'><data:blogCommentMessage/></div>


Sekarang simpan template sobat blogger. Sampai disini Sebenarnya sudah selesai. Hanya tinggal memasukkan pesan komentar pada menu pengaturan-komentar (lihat gambar diatas). Agar maksimal pengaturan yang sudah dibuat coba sobat blogger masukkan text yang dilengkapi tag HTML dibawah ini pada pesan formulir komentar sobat blogger, edit belakangan saja yang penting tahu akibat efeknya dulu.





Sumber: ateonsoft.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

gan kalo si visitor ini supaya bisa menambahkan tag html nya sendiri gimana misalnya di kotak komentar dia nulis sebuah link ke web lain sperti http://www.google.com
ini tagnya di tambah sendiri ama writernya apa kita sebagai pemilik blogger harus menambahkan tag tersendiri ?
kalau bisa kasih tau caranya y gan.
makasih buat info di atas sangat membantu.


Posting Komentar

Jika sobat blogger menyukai artikel ini atau mempunyai pertanyaan ttg artikel diatas, silahkan poskan komentar sobat blogger. Respon kalian sangat berarti untuk blog ini. Cara mem poskan komentar silahkan KLIK disini...

Komentar SPAM di larang masuk!!
:)) x( ~x( x(( :@ :) :x :| :$ :f
:* =( :D :~ :s 8) =(( x) :? :t :o ;;( ;;)

 

Recent Comment